SEKILAS INFO
: - Sabtu, 25-07-2020
  • 2 bulan yang lalu / Pengumuman kelulusan 2019/2020 bisa dicek di https://unbk.smkpancakarya.sch.id/
  • 2 bulan yang lalu / Jadwal (Perubahan) Semester Genap 2019/2020 silahkan klik https://www.smkpancakarya.sch.id/perubahan-semester-genap-1920/
Cara Restore Windows 8 dengan Mudah

Komputer saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer untuk sebagian orang sehingga tahu cara restore Windows 8 menjadi hal yang harus diketahui. Windows sendiri merupakan sistem operasi yang berasal dari Microsoft.

Bisa dikatakan Windows adalah ‘rumah’ yang harus dibangun sebelum Anda memasang software untuk membantu pekerjaan Anda misalnya menulis.

Sayangnya, penggunaan yang kurang baik ataupun karena virus, membuat mau tidak mau Anda harus melakukan format ulang atau melakukan restore. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi sistem seperti sebelum restore point dibuat.

Tahapan Awal dan Cara Restore Windows 8

Daripada Anda menempatkan laptop atau komputer Anda ke tempat reparasi untuk melakukan restore, ada baiknya Anda mencoba restore sendiri. Berikut ini merupakan tahapan untuk melakukan pemulihan sistem operasi Windows 8 yang Anda miliki.

  • Nyalakan laptop atau komputer Anda terlebih dahulu. Lalu buka search. Di bagian pencarian, ketikkan “View advanced system setting” (penulisan tanpa tanda petik). Setelah muncul, lalu klik “View advanced system setting”.

View advanced system setting

  • Setelah di klik, akan muncul window System properties. Ada beberapa tab yang dapat Anda lihat di bagian window tersebut. Kemudian klik bagian System Protection.
  • Di bagian system protection tersebut, klik pada “system restore” untuk mengembalikan sistem yang sebelumnya.
  • Jika Anda sudah melakukan klik, nantinya akan muncul lagi jendela System Restore. Untuk melanjutkan proses pemulihan, jangan lupa klik tombol Next atau lanjut.

Windows System Restore

  • Nantinya akan muncul list restore point yang bisa Anda pergunakan. Lalu klik “scan for affected programs” atau next. Tujuannya adalah untuk melihat efek apa yang akan terjadi jika Anda melakukan restore untuk point tersebut. Jika Anda sudah yakin untuk melakukan restore, klik next.
  • Proses akan berakhir ketika tampil window atau jendela konfirmasi. Pada jendela konfirmasi ini akan muncul deskripsi, waktu dan drive yang akan di restore. Jika sudah, klik finish.

Confirm Your Restore Point

Tahapan Akhir dan Cara Restore Windows 8

Walaupun Anda sudah meng-klik finish di tahapan sebelumnya, namun langkah atau cara restore Windows 8 belum berakhir.

Nantinya, komputer Anda akan menampilkan jendela yang berisi peringatan. Peringatan ini berisi tentang proses restore yang tidak dapat dibatalkan.

System Restore Warning

Artinya, ketika Anda mulai melakukan klik “yes” pada jendela tersebut untuk melakukan pemulihan, maka Anda tidak bisa membatalkan proses tersebut hingga selesai. Karena hal tersebut, pastikan kembali jika Anda akan melakukan restore atau justru membatalkannya karena pertimbangan tertentu.

Jika Anda sudah yakin akan melakukan pemulihan, maka klik “yes”. Kemudian proses restore akan berlangsung. Hal yang harus Anda ketahui adalah lamanya pemulihan windows tergantung dari besar perbedaan yang terjadi antara keadaan sistem.

Apabila sistem yang harus di restore cukup banyak, maka otomatis Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk melakukan restore.

Setelah menunggu proses pemulihan selesai, maka sistem akan mulai me-restart komputer dan mulai pemulihan kondisi sistem pada komputer misalnya di bagian setting, registry atau bagian yang lainnya.

Ketika sudah selesai, maka komputer akan menyala kembali dan muncul pemberitahuan jika proses restore system sudah berhasil dilakukan, lalu klik close.

System Restore Berhasil

Itulah tahapan dan cara restore Windows 8 yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengembalikan sistem kembali ke pengaturan sebelumnya yang Anda tentukan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR