SEKILAS INFO
: - Senin, 24-06-2019
  • 1 bulan yang lalu / Pengumuman hasil UNBK 2019
  • 1 bulan yang lalu / Untuk Informasi Kelulusan Bisa dilihat Pada Halaman https://unbk.smkpancakarya.sch.id
7 Tips agar Tetap Sehat dan Segar Selama Puasa

Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dari mulai terbit fajar hingga tenggelam matahari.

Pada saat menjalankan ibadah puasa sering kali kita mengalami lemas, lesu dan mengantuk sehingga sering dijadikan alasan untuk tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya produktivitas kerja menjadi turun.

Kondisi tersebut terjadi akibat perilaku yang tidak sehat selama berpuasa. Misalnya kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka puasa, kurangnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sampai tidur seharian.

Berikut ini 7 tips yang harus diperhatikan agar Anda tetap sehat, segar dan lancar selama berpuasa hingga Lebaran tiba.

1. Jangan Melewatkan Makan Sahur

Peranan sahur sangatlah penting selama berpuasa agar Anda tetap sehat saat puasa. Jenis makanan yang dimakan pada saat sahur dapat berpengaruh terhadap kerja tubuh selama seharian penuh.

Konsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya ubi, jagung, singkong, roti gandum dan nasi merah. Konsumsi juga protein, buah, sayur serta air putih yang cukup untuk membantu menjaga stamina Anda selama berpuasa.

2. Pilih Makanan Sehat Ketika Sahur

Perbanyak konsumsi jenis makanan yang berserat agar mampu menahan rasa lapar. Bisanya banyak terdapat dalam sayur dan buah-buahan.

Hindari makanan yang banyak mengandung minyak. Makanan jenis ini dapat membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang. Akibatnya Anda akan mudah mengantuk pada siang hari.

3. Minum Banyak Air Putih

Perbanyak minum air pada saat malam hari terutama ketika sahur. Dengan minum air putih saat sahur akan membantu membersihkan usus besar serta mempermudah proses penyerapan nutrisi dari makanan.

4. Hindari Terlalu Banyak Minum Air pada Saat Berbuka

Jika terlalu banyak minum pada saat berbuka, bisa membuat Anda merasa cepat kenyang. Akibatnya malas untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya yang justru dibutuhkan tubuh.

Makan secara bertahap agar tetap sehat pada saat puasa. Mulai dari air putih beberapa teguk terlebih dahulu, lanjut dengan sedikit makanan manis dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

5. Batasi Konsumsi Minuman Berkafein

Pastikan untuk tidak makan terlalu banyak pada saat makan malam agar tetap sehat dan mencegah obesitas. Hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Sebaiknya ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

6. Tetap Berolahraga yang Cukup

Tetap lakukan olahraga yang cukup walaupun pada saat bulan ramadhan. Cukup dengan olahraga ringan saja. Waktu yang tepat adalah saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 sampai 20 menit setelah makan malam.

7. Jaga Pola Tidur

Menjaga pola tidur juga merupakan hal yang penting selama bulan ramadhan. Mengantuk selama puasa bukan disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka Anda tidak boleh begadang pada malam harinya. Apalgi untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Jika dirasakan masih kurang waktu tidurnya, luangkan untuk tidur siang yang berkualitas untuk membantu memulihkan tenaga. Tidak perlu terlalu lama. Cukup 30 menit saja.

TINGGALKAN KOMENTAR