SEKILAS INFO
: - Kamis, 19-09-2019
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman hasil UNBK 2019
  • 4 bulan yang lalu / Untuk Informasi Kelulusan Bisa dilihat Pada Halaman https://unbk.smkpancakarya.sch.id
6 Tips Membuat Curriculum Vitae yang Menarik Perhatian

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan? atau sedang bingung membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik? Simak tips ampuh membuat CV berikut ini agar dapat menarik perhatian dari pihak HRD dari perusahaan.

1. Desain CV yang Simpel

Selain isi, desain sangat penting. Yang harus diperhatikan adalah pemakaian italic, bold, dan CAPSLOCK yang serta pemilihan jenis huruf yang Anda gunakan.

Pilih jenis huruf yang terlihat bagus baik di layar komputer amaupun di atas kertas. Jika diperlukan, coba print terlebih dahulu sebelum dikirimkan.

Gunakan jenis huruf modern, hindari penggunaan jenis huruf yang terlalu basic, misalnya Times New Roman.m

2. Deskripsikan Diri Anda dengan Singkat dan Padat

Buatlah paragraf pernyataan yang singkat dan padat tentang kenapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang sedang diincar tersebut.

Jangan bertele-tele!

3. Tambahkan Daftar Soft Skill yang Anda Kuasai

Lengkapi CV dengan daftar hard skill yang dikuasai. Agar tidak monoton gunakan bullet point. Urutkan dari skill yang paling Anda kuasai terlebih dahulu.

Jangan lupa, untuk menarik perhatian pihak HRD tambahkan soft skill yang saat ini lagi populer. Misalnya kemampuan memimpin, negosiasi, dan komunikasi.

4. Lengkapi dengan Riwayat Kerja yang Spesifik

Lengkapi CV yang Anda buat dengan prestasi yang pernah diraih dan bagaimana Anda mampu melakukannya lagi di perusahaan yang baru.

Sediakan data statistik yang sesuai, misalnya total pendapatan yang pernah Anda buat, perkembangan klien yang Anda pegang, serta hal-hal kuantitatif lainnya yang menunjukkan jika Anda mempunyai kemampuan di bidang tersebut.

5. Selektif dan Relevan

Sajikan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini. Hindari CV yang terkesan “ramai”.

Posisikan diri Anda sebagai orang personalia yang sedang membaca CV. Jika Anda malas membacanya, bisa jadi karena CV tersebut terlalu ramai atau kurang memberikan informasi yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

6. Baca Ulang CV yang Telah Anda Buat

Baca ulang CV yang telah Anda buat. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV tersebut sudah tersusun dengan rapi.

Tentunya sangat disayangkan jika Anda sudah susah-susah membuat curriculum vitae yang menarik, ternyata terdapat kesalahan sepele, misalnya typo atau salah ketik.

Jika Anda telah berhasil membuat CV, seiring dengan perkembangan karier, jangan sampai lupa untuk memperbarui isi CV yang Anda miliki. CV yang pernah Anda buat beberapa bulan atau tahun lalu bisa jadi sudah terlihat basi saat ini. Selain itu, pastikan juga untuk tetap memperhatikan trend yang ada di dunia kerja saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR